Memiliki motor yang irit bahan bakar
mungkin hampir semua dambaan orang, termasuk saya sendiri, Kenapa harus
memilih motor yang irit bahan bakar…? ya , semuanya tergantung kebutuhan dan
kemampuan , Memilih motor yang irit tentunya ada banyak keuntungan salah
satunya bisa menghemat isi dompet kita, kemudia mengurangi penggunaan minyak
bumi yang lambat laun pasti akan habis. Nah berikut ini ada beberapa tips
mengenai bagaimana caranya menghemat motor agar lebih irit.
- Pasang Power Booster
Tips yang pertama untuk
menghemat bahan bakar yaitu menggunakan cara memperbesar pengapian
motor, hal ini berlaku juga untuk semua motor baik motor yang menggunakan
mesin 2 tak atau mesin motor 4 tak. Dengan melakukan pembesaran
pengapian/tegangan maka otomatis bahan yang diletupkan busi (percikan api)
semakin menjadi sempurna ,jadi bisa di logika jika pengapian besar sempurna
maka tidak perlu membuka gas motor terlau besar ,karena pengapian yang besar
dan sempurna sudah bisa mendapatkan tenaga yang besar untuk menjalakan motor.
Terus bagaimana caranya…? anda bisa memasang power booster , alat atau part ini
bisa anda beli di toko/bengkel onderdil yang ada di daerah anda.
- Melakukan penyetelan Ulang Pelampung Pada karburator
Sebelum bensin masuk ke
ruang pembakaran pada motor, maka biasanya akan di tampung terlebih dahulu oleh
karburator.Anda bisa melakukan penghematan bahan bakar dengan menyetel
pelampung karburator agar lebih irit dan tentunya hal ini tidak mempengaruhi
tenaga pada motor , untuk caranya anda bisa turunkan ketinggian pelampung
karburator dengan jarak kurang lebih sekitar 1-2 mm . Dari sumber yang saya
kutip di rpmsuper.com mengatakan bisa menghemat konsumsi bahan bakar minyak
(bensin)
- Setel kerapatan Klep Motor
Untuk anda yang mempunyai
motor 4 tak cara yang bisa digunakan untuk menghemat bahan bakar yaitu bisa
dengan mengubah setelah kelp, perangkat motor yang satu ini berfungsi untuk
mengatur campuran bahan bakar dan udara yang akan masuk ke ruang bakar. Dengan
melakukan penyetelah yaitu merapatkan setelan klep motor maka akan otomatis
bukaan valve juga menyempir , hal ini bisa menyebabkan semburan bensin lebih
sedikit sehingga bisa menghemat bahan bakar.
Melakukan penyetelah atau
mengatur klep sebenarnya sama pentingnya dengan meningkatkan kompesi, di dalam
melakukan penyetelah pada klep ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam
ukuran dan juga pergeseran klepnya. Berikut ini untuk detailnya ukuran
untuk klep hisap yaitu (0,10 s/d 0,14)
Untuk tinggi bukaan ukuran klep yaitu:
Untuk tinggi bukaan ukuran klep yaitu:
§ klep
buang yaitu (0,15 s/d 0,20)
§ klep
hisam yaitu (6,0 mm)
§ klep
buang yaitu (6,4 mm).
- Melakukan pembersihan
kerak pada motor.
Kerak yang ada pada mesin
motor tentunya hal ini akan sanga kurang baik yaitu merugikan dalam proses
pembakaran atau pun pembuangan. Jika kerak terdapat pada seher, silinder kop
atau klep maka akan mengakibatkan proses pembakaran menjadi tidak sempurna.
Campuran udara dan juga bensin tidak dapat terbakar semuanya secara sempurna
gara gara terdapat kerak. Dampaknya tentunya bensin dan juga udara yang
tersalur ke ruang bakar boros, kerak juga tidak hanya menempel pada komponen
mesin yang saya sebutkan diatas tapi juga dapat menumpuk pada knalpot yang
mengakibatkan pembuangan gas motor menjadi tidak lancar.
- Membuat Manifold
Berkisi-kisi
Dari sumber yang saya
dapatkan dari blog lain bahwa leher angsa (manipol) juga bisa atau mampu lho
menghembat bbm , leher angsa ini yaitu berfungsi sebagai saluran masuk udara
dari karbu ke ruang bakar. Bentuk manifold yang berkisi kisi akan membuat
pusaran udara sehingga campuran bensin dan udara yang dihasilkan semakin
homogen sehingga pembakaran akan menjadi lebih sempurna.
- Menggunakan Oli Mesin yang
berkualitas..
Pelumas pada motor memang
harus memilih yang terbaik ,kualitas yang jelek tentunya tidak boleh digunakan
karena akan mengakibatkan mesin motor tidak awet digunakan .Dengan menggunakan
oli mesin motor yang berkualitas tentunya akan membuat gesekan yang terjadi di
dalam mesin motor menjadi lebih halus ,bisa mengurangi suhu panas pada
mesin,dan juga dapur pacu yang lebih ringan sehingga akhirnya konsumsi bahan
bakar yang bisa lebih hemat.
- Meningkatkan kompresi ruang bakar/mesin
Pada dasarnya sepeda motor
semakin tinggi kompres makan bahan bakar yang akan masuk ke dalam silinder
motor akan terkompresi (terbakar menjadi lebih sempurna) dan seperti yang kita
ketahui jika di dalam pembakaran kompresi tidak terlalu tinggi atau bisa juga
bocor maka bahan bakar akan terbuang menjadi sia sia dan hanya menjadi kerak
saja di dalam saluran pembuangan, nah hal ini tentunya akan menyebabkan motor
akan menjadi lamban dan boros.
- Jangan lupa untuk
melakukan service karburator dan juga injektor.
Karburator pada mesin motor
tentu merupakan salah satu komponen motor yang cukup vital. Fungsi karburator
sendiri adalah menyatukan udara dan bahan bakar yang kemudian akan disalurkan
kedalam ruang pembakaran. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga
karburator dari gangguan zat dan bahan lain yang masuk kedalam karburator
sehingga menyebabkan karburator motor tidak berfungsi dengan baik. Merawat
karburator sebenarnya cukup mudah, dengan melakukan pembersihan secara berkala
pada karburator motor, akan membuat fungsi karburator berjalan maksimal. Untuk
motor yang berjenis injeksi tentunya injektor ini perlu kita service , dalam
service motor sebenarnya bukan hanya membersihkan sepuyer tetapi tapi juga
membersihkan komponen lainya seperti (main jet, pilot jet, apung apung dan
semua komponen yang ada di dalam karburator ) seringkali banyak kita jumpai
pada mekanik yang mengerjakan service motor hanya membersihkan sepuyer saja
tetapi untuk komponen lainya lupa , seharusnya komponen lainya ini juga perlu
di bersihkan dan mengatur agar perbandingan udara dan bensin seimbang. dan
tidak menimbulkan hal hal negatif. Begitupun juga untuk motor jenis injeksi ,
yang bisa diatur penyuplai bahan bakar yang masuk ke dalam silinder
Inilah perbandingan yang sebenarnya :
Inilah perbandingan yang sebenarnya :
§ Starting
(mesin dingin)
: 2 – 3 : 1 (diperlukan coke)
§ Starting
(mesin panas)
: 7 – 8 : 1
§ Indling
operation
: 8 – 10 : 1
§ Kecepatan
rendah
: 10 – 12 : 1
§ Kecepatan
medium
: 15 – 17: 1
§ Kecepatan
tinggi bahan berat
: 12-13 : 1
§ Perbandingan
untuk memperoleh tenaga : 12 – 13 : 1
§ Perbandingan
terbakar seluruhnya : 15 : 1
§ perbandingan
campuran minimum : 16 – 7 : 1
- Mengganti atau melakukan
pembersihan Busi secara berkala.
Selain membersihkan busi
dari bekas percikan apik yang dihasilkan kita juga harus memperhatikan pada
sumbu businya, selain itu juga melakukan pengecekan busi pada motor apakah
masih hidup ,masih berfungsi sebagai mana mestinya apakah sudah setengah mati
atau bahkan mati. Maka anda harus mengganti dengan yang baru dan di pasang ke
dalam motor anda. Lakukan pengecekan busi secara berkala agar motor tetap enak
untuk digunakan
- Jangan Menginjak pedal gas
atau membetot gas dengan menghentak gas secara tiba tiba.
Saat menginjak pedal atau
membetot gas motor seharusnya dengan cara stabil dan bertahap ,jika pedal gas
diinjak secara tiba tiba maka otomatis bahan bakar yang akan dihisap ke ruang
pembakaran juga semakin banyak. Sementara pada saat putaran mesin masih rendah
,akibatnya yang dihasilkan tersebut tidak semua bahan bakar yang masuk ke ruang
mesin terbakar. Hal ini yang disebut dengan pemborosan karena bahan bakar yg
masuk tidak keluar dalam bentuk tenaga tetapi hanya ikut terbuang lewat
knalpot.
- Pindahkan gigi persneling
pada RPM rendah
Untuk motor dan juga mobil
hal ini juga bisa mempengaruhi, jika pada motor saat memasukan gigi 1 jangan
tunggu sampai motor gereng (minta di oper gigi) tapi usahakan masukan gigi
berikutnya sebelum motor gereng atau jangan pada RPM tinggi dimasukan tinggi
tapi di RPM rendah. Pada Mobil juga berlaku.
- Ubah cara berkendara anda.
Biasanya yang membuat
kendaraan sepeda motor awet atau tidak itu tergantung orang yang
menggunakanya,karakter pengguna motor memang beda beda hehe,agar kendaraan awet
dan selalu sehat .merubah cara menggunakan motor maksudnya adalah dalam menarik
gas motor dan juga kecepatan motor. Menggunakan motor secara ugal ugalan dan
juga memacut motornya sekenceng mungkin bisa menyebabkan efek bahaya ,yang
pertama kecelakaan , bensin boros dan motor menjadi tidak awet.Untuk
menghindari hal tersebut gunakan motor seperti biasa saja, gunakan kecepatan
motor 40-60 km/jam, gunakan gas secara normal normal saja ,jangan tarik gas ,
tarik gas,kurangi kecepatan untuk menjaga keselamatan anda.
Bagaimana dengan tips tips cara menghemat
bahan bakar diatas..? jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan motor anda,
selain itu juga penting untuk diperhatikan yaitu komponen komponen pada motor
yang lain seperti mengganti kampas rem yang akan habis, kampas
kopling,mengganti oli , mengganti busi , membersikan filter udara dan lain sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar